[Review Buku] 100 Resep Pepes by Dapur Alma

Tidak ada komentar
Resep Pepes
Pic from Gramedia Digital

Halo, Teman Layar Baca!

Siapa nih yang suka makan pepes? Atau kalian suka masak pepes di rumah? Saya lumayan sering beli pepes. Pernah juga saya masak pepes tapi tidak sering dan rasanya kurang mantap. Jadi, saya lebih suka beli pepes daripada bikin pepes sendiri.

Tapi kemudian timbul keinginan untuk masak pepes lagi. Dan pada akhirnya saya membaca buku yang berjudul 100 Resep Pepes by Dapur Alma karena saya ingin belajar masak pepes walaupun saya belum tahu kapan ingin masak pepes. Lalu, seperti apa sih isi dari buku yang berjudul 100 Resep Pepes by Dapur Alma?

Buku yang berjudul 100 Resep Pepes by Dapur Alma ini berisi 100 resep pepes seperti pepes ayam, pepes daging, pepes nasi, pepes tahu, pepes tempe, pepes telur, pepes sayuran, pepes ikan, dan pepes seafood.

“Pepes sajian sehat karena dimasak dengan cara dikukus. Cita rasanya memikat karena dibuat dari bahan segar dan bumbu komplit. 100 resep pepes lezat dan bergizi ada di dalam buku ini. Anda bisa menjelajahi kelezatan pepes dan kerabatnya yaitu botok. Dibuat dari bahan utama protein hewani dan protein nabati seperti ayam, daging, telur ayam, telur bebek, ikan asin, ikan teri, tahu, tempe, kedelai, jamur, daun singkong, nangka muda, dan jagung manis. Bumbunya bisa berupa bumbu iris, bumbu ulek, atau gabungan keduanya dengan aroma daun dan bumbu yang harum. Segera nikmati keragaman pepes khas Indonesia seperti pepes tahu telur asin, pepes ikan gurame, pepes cumi bumbu rujak, dan botok ayam”

Diantara sekian banyaknya resep pepes yang ada di buku yang berjudul 100 Resep Pepes by Dapur Alma, saya tertarik dengan resep pepes nasi ayam dan di postingan ini saya akan menuliskan resep pepes nasi ayam.

Resep Pepes Nasi Ayam


Bahan :

2 piring nasi putih

200 gram daging ayam yang sudah dipotong kecil-kecil

½ buah bawang bombay

10 lembar daun kemangi

1 sendok makan teri nasi

2 sendok makan minyak goreng

Daun pisang secukupnya

Lidi secukupnya

2 siung bawang putih

5 buah cabai merah

5 butir kemiri

½ sendok the garam


Cara Membuat :

-Goreng teri nasi dengan 2 sendok makan minyak goreng hingga berwarna kekuningan, angkat dan tiriskan, campur dengan nasi putih kemudian sisihkan.

-Gunakan sisa minyak untuk menumis bumbu halus dan bawang bombay hingga harum.

-Masukkan daging ayam, aduk hingga ayam berubah warna dan matang

-Tambahkan daun kemangi, aduk sebentar, dan matikan kompor.

-Ambil selembar daun pisang, beri nasi, letakkan tumisan ayam di tengahnya, bungkus sesuai selera, lalu sematkan lidi, kukus selama kurang lebih 30 menit sampai matang, siap disajikan.

Kenapa saya pengen bikin pepes nasi ayam? Karena saya belum pernah masak pepes nasi ayam jadi saya penasaran ingin masak pepes nasi ayam. Postingan ini adalah sebagai pengingat kalau saya ingin masak pepes nasi ayam tapi entah waktunya kapan. Tapi pengen segera masak pepes nasi ayam ini deh kayaknya.

Baca Juga : Resep Bakso

Itulah sedikit hal yang dapat saya sampaikan tentang buku yang berjudul 100 Resep Pepes by Dapur Alma. Untuk kalian yang ingin masak pepes maka ada baiknya baca-baca resep pepes di buku yang berjudul 100 Resep Pepes by Dapur Alma ini!

Tidak ada komentar