[Review Buku] Hujan Bulan Juni by Sapardi Djoko Damono

Tidak ada komentar
Hujan Bulan Juni Sapardi Djoko Damono
Pic from Gramedia 


Halo, Teman Layar Baca!

Siapa nih yang suka baca puisi Hujan Bulan Juni by Sapardi Djoko Damono? Kali ini saya akan membahas tentang novel yang berjudul Hujan Bulan Juni by Sapardi Djoko Damono. Lalu, seperti apa sih isi dari novel yang berjudul Hujan Bulan Juni by Sapardi Djoko Damono?

Judul Buku : Hujan Bulan Juni

Nama Penulis : Sapardi Djoko Damono

Nama Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama

Novel yang berjudul Hujan Bulan Juni by Sapardi Djoko Damono menceritakan tentang seorang perempuan cantik dari Manado yang bernama Pingkan. Ada juga seorang lelaki tampan dari Jawa yang bernama Sarwono.

Pingkan dan Sarwono ini berpacaran dan Pingkan sudah memperkenalkan Sarwono ke keluarga besarnya Pingkan. Pingkan dan Sarwono ini saling mencintai satu sama lain dan mereka adalah pasangan yang romantis.

“Bagaimana mungkin seseorang memiliki keinginan untuk mengurai kembali benang yang tak terkirakan jumlahnya dalam selembar sapu tangan yang telah ditenunnya sendiri. Bagaimana mungkin seseorang bisa mendadak terbebaskan dari jaringan benang yang susun-bersusun, silang-menyilang, timpa-menimpa dengan rapi di selembar sapu tangan yang sudah bertahun-tahun lamanya ditenun dengan sabar oleh jari-jarinya sendiri oleh kesunyiannya sendiri oleh ketabahannya sendiri oleh tarikan dan hembusan nafasnya sendiri oleh rintik waktu dalam benaknya sendiri oleh kerinduannya sendiri oleh penghayatannya sendiri tentang hubungan pelik antara perempuan dan laki-laki yang tinggal di sebuah ruangan kedap suara yang bernama kasih sayang. Bagaimana mungkin?” – Hujan Bulan Juni

Ada seorang lelaki yang juga naksir dengan Pingkan tapi Sarwono tidak merasa cemburu. Sarwono justru merasa cemburu saat Pingkan ingin kuliah di Jepang dan Pingkan akan jauh dari Sarwono dan Pingkan bisa ketemu tiap hari dengan Katsuo yang merupakan lelaki tampan yang tinggal di Jepang.


HUJAN BULAN JUNI



Tak ada yang lebih tabah

Dari hujan bulan juni

Dirahasiakannya rintik rindunya

Kepada pohon berbunga itu



Tak ada yang lebih bijak

Dari hujan bulan juni

Dihapusnya jejak-jejak kakinya

Yang ragu-ragu di jalan itu



Taka da yang lebih arif

Dari hujan bulan juni

Dibiarkannya yang tak terucapkan

Diserap akar pohon bunga itu


SAPARDI DJOKO DAMONO


Nggak tahu kenapa ya saya tuh suka puisi Hujan Bulan Juni by Sapardi Djoko Damono karena memang kata-katanya bagus dan butuh waktu yang lama untuk bisa mengartikan puisi Hujan Bulan Juni by Sapardi Djoko Damono.

Novel yang berjudul Hujan Bulan Juni by Sapardi Djoko Damono banyak mengandung puisi-puisi Hujan Bulan Juni by Sapardi Djoko Damono. Dan menurut saya inilah yang menarik dari novel yang berjudul Hujan Bulan Juni by Sapardi Djoko Damono.

Novel yang berjudul Hujan Bulan Juni by Sapardi Djoko Damono diangkat ke film layar lebar dengan VELOVE VEXIA dan ADIPATI DOLKEN jadi tokoh utama. Film yang berjudul Hujan Bulan Juni sama bagusnya dengan novel yang berjudul Hujan Bulan Juni by Sapardi Djoko Damono. Bagaimana menurut kalian?


Itulah sedikit hal yang dapat saya sampaikan tentang novel yang berjudul Hujan Bulan Juni by Sapardi Djoko Damono. Jadi, apakah kalian tertarik untuk baca novel yang berjudul Hujan Bulan Juni by Sapardi Djoko Damono? Atau kalian lebih tertarik untuk nonton film Hujan Bulan Juni? Atau kalian tertarik untuk baca novel yang berjudul Hujan Bulan Juni by Sapardi Djoko Damono dan nonton film yang berjudul Hujan Bulan Juni?

Tidak ada komentar