[Review Buku] Ranah 3 Warna by Ahmad Fuadi

Tidak ada komentar
Ranah 3 Warna Ahmad Fuadi
Pic from Gramedia Digital


Halo, Teman Layar Baca!

Kali ini saya akan membahas tentang novel yang berjudul Ranah 3 Warna by Ahmad Fuadi. Novel yang berjudul Ranah 3 Warna by Ahmad Fuadi merupakan novel lanjutan dari novel yang berjudul Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi.

Judul Buku : Ranah 3 Warna

Nama Penulis : Ahmad Fuadi

Nama Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama

Novel yang berjudul Ranah 3 Warna by Ahmad Fuadi menceritakan tentang Alif yang sudah tamat belajar dan sudah lulus dari Pondok Madani. Setelah itu Alif ingin belajar teknologi tinggi di Bandung seperti Habibie, lalu merantau ke Amerika. Alif bahkan sudah bermimpi dalam Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Alif kembali ke kampung halamannya Maninjau. Alif pun tak sabar ingin segera kuliah. Namun Randai yang merupakan sahabat Alif merasa ragu apakah Alif akan lolos UMPTN untuk bisa masuk kuliah.

Lalu Alif sadar kalau memang yang dikatakan Randai itu benar karena nyatanya Alif tidak punya ijazah SMA. Lalu, bagaimana mungkin Alif bisa meraih semua impiannya jik Alif tidak punya ijazah SMA? Ternyata masalah yang harus dihadapi tidak hanya itu saja karena masih banyak masalah lainnya yang harus dihadapi Alif. Alif bahkan sempat ingin menyerah.

Mantra “MAN JADDA WA JADDA” ternyata tidak cukup untuk memenangkan hidup. Kemudian Alif teringat mantra kedua saat Alif masih mondok di Pondok Madani yaitu “MAN SHABARA ZHAFIRA” yang artinya siapa yang bersabar pasti beruntung.

Berbekal kedua mantra itulah Alif mantap meraih impiannya. Lalu, apakah Randai masih meragukan Alif dalam meraih impian untuk masa depan? Lalu, siapakah perempuan bernama Raisa yang ada di kehidupan Alif dan meminta Alif untuk mengajari Raisa mengaji?

Menurut pendapat saya, novel yang berjudul Ranah 3 Warna by Ahmad Fuadi sama bagusnya dengan novel yang berjudul Negeri 5 Menari. Bagaimana menurut pendapat kalian? Apakah sama bagusnya juga menurut kalian? Sama bagusnya karena sama-sama bertemakan semangat belajar untuk meraih impian dan punya pesan baik untuk para pembacanya.

Novel yang berjudul Ranah 3 Warna by Ahmad Fuadi diangkat ke film layar lebar. Teman-teman saya banyak yang nonton film Ranah 3 Warna karena memang jalan ceritanya bagus dan tokoh utamanya juga diperankan oleh aktor dan aktris ternama.

Sampai saat ini saya belum pernah nonton film yang berjudul Ranah 3 Warna. Akan tetapi saya sudah menonton trailer film Ranah 3 Warna di YouTube. Bahkan saya posting trailer film Ranah 3 Warna di TikTok agar banyak orang bisa tahu tentang film yang berjudul Ranah 3 Warna.


“Sabar itu aktif bukan pasif. Aktif mencari aktif solusi” – Film Ranah 3 Warna

Pesan baik yang bisa kita ambil dari novel yang berjudul Ranah 3 Warna by Ahmad Fuadi dan film yang berjudul Ranah 3 Warna yaitu kita harus sabar dalam menghadapi setiap masalah dan ujian. Maksudnya bukan sabar hanya berdiam diri saja tapi sabar yang aktif dalam mencari solusi.


Itulah sedikit hal yang dapat saya sampaikan tentang novel yang berjudul Ranah 3 Warna by Ahmad Fuadi. Untuk kalian yang sudah membaca novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi maka kalian bisa membaca novel yang berjudul Ranah 3 Warna by Ahmad Fuadi agar ceritanya lebih lengkap!

Tidak ada komentar