[Review Buku] Lauk Bumbu Pecak & Pecel by Aan Roswaty

Tidak ada komentar
Resep Pecel
Pic from Gramedia Digital

Halo, Teman Layar Baca!

Setelah sebelumnya saya membahas tentang kreasi bakso maka kali ini saya akan membahas tentang pecel setelah saya membaca buku yang berjudul Lauk Bumbu Pecak & Pecel by Aan Roswaty yang saya baca secara gratis di aplikasi perpustakaan digital iPusnas.

Judul Buku : Lauk Bumbu Pecak & Pecel

Nama Penulis : Aan Roswaty

Nama Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama

Sejak kapan nih saya mulai suka makan pecel? Sepertinya saat saya masih kelas satu SD tuh saya sudah suka makan pecel dan tempe mendoan karena saat itu pecel dan tempe mendoan jadi jajanan favorit di sekolah.

“Tentu kita sudah sering menikmati Pecak lele atau Pecel, bukan? Hidangan dari Jawa Tengah dan sekitarnya yang amat digemari banyak orang termasuk orang-orang Jakarta. Pecak adalah hidangan berbahan lauk pauk dengan bumbu cabai atau sambal cabai, bawang merah, jahe, dan kencur. Sedangkan pecel adalah hidangan berbahan dasar tiga sampai lima macam sayuran dengan bumbu kacang. Dalam buku ini disajikan 25 resep lauk bumbu Pecak dan Pecel. Diantaranya yaitu pecak terong, pecak gurame, pecak lele daun kemangi, pecak patin, pecak telur bumbu petis, pecak udang, pecel bakwan dan sayuran, pecel genjer, nasi pecel, tahu telur bumbu pecel, pecel bunga turi, pecel mie, pecel buah dan sayur, serta pecel jantung pisang”

Diantara sekian banyak resep pecak dan pecel itu yang menurut saya paling menarik adalah pecel genjer dan pecel jantung pisang. Dan dipostingan ini saya juga akan membahas tentang pecel genjer dan pecel jantung pisang.

Resep Pecel Genjer

Bahan :

3 ikat genjer yang sudah dibersihkan dan direbus

100 gram taoge besar yang sudah direbus

1 buah jeruk limau

Air secukupnya

50 gram kacang

5 butir bawang merah

2 siung bawang putih

¼ sendok teh terasi

5 buah cabai rawit merah

3 lembar daun jeruk

2 cm kencur

Garam secukupnya

Gula merah secukupnya


Cara Membuat :

-Campur bumbu halus dengan air secukupnya, aduk rata, dan tambahkan perasan jeruk limau.

-Letakkan dan susun genjer + taoge ke dalam piring saji dan siramkan bumbu.

-Pecel genjer siap untuk dihidangkan.


Resep Pecel Jantung Pisang

Bahan :

1 buah jantung pisang yang sudah dipilih bagus dan kemudian direbus

50 gram kol yang sudah diiris

2 buah kentang yang sudah dipotong-potong dan direbus

4 potong tempe yang sudah dipotong-potong dan digoreng

2 buah mentimun yang sudah dipotong-potong

300ML santan

1 batang serai yang sudah dimemarkan

1 sendok makan air asam

150 gram kacang tanah

3 butir kemiri

9 buah cabai merah

4 siung bawang putih

5 butir bawang merah

¼ sendok teh terasi

2 cm kencur

3 lembar daun jeruk

Gula merah secukupnya

Garam secukupnya


Cara Membuat :

-Campur bumbu halus dengan santan dan serai menjadi satu, masak sambil diaduk-aduk hingga matang dan mengental.

-Tambahkan air asam, masak sebentar kemudian angkat.

-Letakkan dan susun semua sayur di atas piring.

-Siramkan bumbu di atasnya dan sajikan.

Baca Juga : Resep Bakso

Itulah sedikit hal yang dapat saya sampaikan tentang buku yang berjudul Lauk Bumbu Pecak & Pecel by Aan Roswaty. Oh, iya. Kalau di daerah kalian tuh genjer namanya apa nih? Kalau di kampung saya tuh menyebut genjer jarang sekali karena biasanya orang-orang di kampung saya dengan nama “CENTONGAN”. Jadi, apakah kalian tertarik untuk bikin pecel genjer dan pecel jantung pisang?

Tidak ada komentar