[Review Buku] Memproduksi Kerupuk Sangrai by Dedi Rohaendi

Tidak ada komentar
Kerupuk Sangrai
Pic from Gramedia Digital


Halo, Teman Layar Baca!

Kalian suka makan kerupuk nggak sih? Kalau saya sih tentu saja saya suka makan kerupuk. Dalam waktu seminggu itu saya beli kerupuk sebanyak tiga kali sampai empat kali. Kenapa demikian? Karena keluarga saya juga suka makan kerupuk dan saat makan nasi dan lauk atau sayur itu makin lengkap dengan adanya kerupuk.

Kali ini saya akan membahas tentang buku yang berjudul Memproduksi Kerupuk Sangrai by Dedi Rohaendi. Lalu, seperti apa sih isi dari buku yang berjudul Memproduksi Kerupuk Sangrai by Dedi Rohaendi ini?

Judul Buku : Memproduksi Kerupuk Sangrai

Nama Penulis : Dedi Rohaendi

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama


Daftar isi dari buku yang berjudul Memproduksi Kerupuk Sangrai by Dedi Rohaendi ini yaitu cara membuat kerupuk mudah dan murah, membuat aneka macam kerupuk, bahan pembuatan kerupuk sangrai, peralatan pembuatan kerupuk, proses pembuatan kerupuk sangrai, dan kerupuk sangrai sebagai penghasilan keluarga.

“Kerupuk sebagai pelengkap makanan utama sangat akrab bagi hampir setiap orang Indonesia. Karena kehadiran kerupuk dapat membangkitkan selera makan ataupun camilan favorit. Bahkan beberapa makanan khas Indonesia seperti ketoprak, gado-gado, soto padang, dan yang lainnya menggunakan kerupuk sebagai bagian dari penyajiannya. Sebagai jenis makanan kering yang mengandung pati cukup tinggi karena umumnya terbuat dari tepung tapioca, kerupuk banyak ragamnya menurut rasa, bentuk, dan asal daerahnya. Ada kerupuk ikan, kerupuk udang, kerupuk rambak, kerupuk puli, kerupuk singkong, rengginang, dan kerupuk uyel. Yang membedakan rasa dan mutu kerupuk yaitu bahan utamanya seperti beras, tepung terigu, tepung tapioka, dan tentu saja proses pembuatannya”

Saat membaca buku yang berjudul Memproduksi Kerupuk Sangrai by Dedi Rohaendi maka kita juga bisa belajar tentang berbagai macam kerupuk yang ada di Indonesia seperti berikut ini yaitu sebagai berikut,

-KERUPUK UYEL

Kerupuk uyel ini sering kita beli di warung yaitu kerupuk yang bentuknya seperti jalinan tali mengeriting. Ada yang bulat, ada yang kotak, ada yang berwarna putih, dan ada juga yang berwarna kuning.

-KERUPUK SINGKONG

Kerupuk singkong tentu saja terbuat dari singkong. Dan biasanya bumbu dari kerupuk singkong yaitu bawang putih, bumbu penyedap, gula pasir, garam, dan daun bawang. Kerupuk singkong ini enak juga dimakan dengan saus sambal atau saus kacang.

-KERUPUK PULI

Kerupuk puli adalah kerupuk yang terbuat dari beras. Siapa nih yang suka makan kerupuk puli? Atau kalian sudah pernah bikin kerupuk yang terbuat dari beras? Kalau ibu saya nih pernah bikin kerupuk yang terbuat dari nasi.

-KERUPUK UDANG

Siapa nih yang suka makan kerupuk udang? Saya suka makan kerupuk udang karena rasanya unik dan udangnya berasa sih. Tapi seringkali saat beli kerupuk udang mentah itu harus dijemur dulu supaya nanti bisa mengembang saat digoreng.

Buku yang berjudul Memproduksi Kerupuk Sangrai by Dedi Rohaendi ini cocok dibaca untuk yang ingin bisnis bikin kerupuk karena buku ini lengkap banget dan cocok dibaca sebelum memutuskan untuk memulai bisnis pabrik kerupuk.

Baca Juga : Resep Pecel

Itulah sedikit hal yang dapat saya sampaikan tentang buku yang berjudul Memproduksi Kerupuk Sangrai by Dedi Rohaendi. Saya baru tahu kalau nama-nama kerupuk yang sering saya makan itu adalah kerupuk UYEL dan kerupuk PULI. Kalau di kampung saya tuh bukan kerupuk PULI namanya tapi kerupuk Gendar. Jadi, jenis kerupuk apa nih yang jadi favorit kalian?

Tidak ada komentar