[Review Buku] Kreasi Bakso by Dapur Aliza

Tidak ada komentar
Resep Bakso
Pic from Gramedia Digital


Halo, Teman Layar Baca!

Siapa nih yang suka makan bakso? Saya suka dong makan bakso. Apalagi makan bakso saat cuaca sedang dingin atau saat musim hujan tiba. Wow, mantap betul dong tentunya. Jadi laper deh kalau bahas bakso.

Kali ini saya akan membahas tentang buku yang berjudul Kreasi Bakso by Dapur Aliza yang isinya adalah tentang resep membuat bakso dengan berbagai macam jenis bakso. Dan menurut saya banyak resep bakso yang unik dan menarik ada di buku yang berjudul Kreasi Bakso by Dapur Aliza ini.

Judul Buku : Kreasi Bakso

Nama Penulis : Dapur Aliza

Nama Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama


Kenapa saya sampai membaca buku yang berjudul Kreasi Bakso by Dapur Aliza? Karena saya suka makan bakso jadi saya penasaran baca-baca resep bakso walaupun saya belum tahu kapan akan membuat bakso.

“Bakso merupakan makanan yang amat populer di Indonesia. Bisa dibilang semua kalangan mengenalnya. Dari golongan ekonomi lemah sampai mapan, baik tua ataupun muda. Makanan berbentuk bulat seperti bola terbuat dari daging sapi, daging ayam, ikan, atau bahkan juga jamur ini tak harus selalu disajikan dengan kuah kaldu bening dan dicampur mie, bihun, taoge, dan berbagai bahan lain seperti yang umum ditemukan. Bakso sebenarnya juga dapat diolah menjadi beragam masakan lain dengan penampilan yang berbeda namun tetap berasa lezat dan tampil memikat. Dan buku ini menampilkan 25 resep kreasi bakso beserta cara pengolahannya yang dapat menjadi sumber inspirasi bagi Anda”

Dan berikut ini adalah 25 resep bikin bakso yang ada di buku yang berjudul Kreasi Bakso by Dapur Aliza mulai dari bakso sapi isi keju, bakso ayam isi nanas, bakso ikan isi sayuran, bakso ikan patin, bakso jamur, bakso telur, bakso tomat, bakso bakar, steamboat bakso seafood, bakso udang, bakso ikan, bakso kepiting goreng, bakso sosis kuah pedas, bakso oriental, bakso telur puyuh pedas, bakso ikan asam pedas, bakso udang pedas, sate bakso panggang, barbeque glazed meatballs, cajun appetizer meatballs, ultimate party meatballs, bakso tahu bumbu szechuan, bakso ayam kornet mayones, bakso cumi-cumi, dan bakso rambut.


Ada dua resep bikin bakso yang menurut saya paling unik dan menarik yang ada di buku yang berjudul Kreasi Bakso by Dapur Aliza yaitu bakso tomat dan bakso rambut. Hah, eh ciyus rambut dibikin jadi bakso? Ya enggak dong. Bakso rambut tuh luarnya dilapisi dengan mie jadi disebut bakso rambut. Mungkin harusnya disebut bakso mie aja kali ya?

Resep Bakso Tomat

Bahan :

200 gram udang yang sudah dikupas dan dicincang halus

300 gram daging ayam yang sudah digiling

1 buah wortel yang sudah dicincang halus

2 batang daun bawang yang sudah diiris halus

2 siung bawang putih yang sudah dicincang halus

1 butir telur

½ sendok teh garam

1 sendok makan gula pasir

½ sendok teh bubuk merica bubuk

2 sendok teh minyak wijen

½ sendok makan kecap

4 sendok makan tepung sagu

10 buah tomat merah yang sudah dipotong bagian atas sedikit

2 sendok makan minyak wijen

500 gram tulang ayam dan kulit udang 1500ML air

2 batang daun bawang iris halus

4 siung bawang putih diiris tipis lalu digoreng dan dihaluskan

1 sendok teh garam

1 sendok teh merica bubuk

1 sendok the minyak wijen


Cara Membuat :

-Campur semua bahan kecuali tomat menjadi satu, uleni dengan hingga rata.

-Bentuk adonan bakso bulat-bulat, lalu masukkan ke dalam tomat, kukus bakso selama 15 menit hingga matang, angkat dan sisihkan, panaskan minyak wijen, tumis bakso tomat sebentar kemudian angkat.

-Rebus tulang ayam dan kulit udang hingga air setengahnya di atas api kecil, angkat dan saring, masukkan bahan lain dan didihkan lagi, sajikan bakso tomat dengan kuah panas.

Itulah sedikit hal yang dapat saya sampaikan tentang buku yang berjudul Kreasi Bakso by Dapur Aliza. Untuk kalian yang suka makan tomat maka bisa mencoba resep bakso tomat yang ada di buku yang berjudul Kreasi Bakso by Dapur Aliza ini!

Tidak ada komentar