[Review Buku] Negeri 5 Menara by Ahmad Fuadi

Tidak ada komentar
Negeri 5 Menara Ahmad Fuadi
Pic from Gramedia Digital


Halo, Teman Layar Baca!

Siapa nih yang suka baca novel yang berjudul Negeri 5 Menara by Ahmad Fuadi? Novel yang berjudul Negeri 5 Menara by Ahmad Fuadi ini adalah novel populer yang menjadi novel favorit teman-teman saya saat saya masih kelas 8 SMP di tahun 2010.


Judul Buku : Negeri 5 Menara

Nama Penulis : Ahmad Fuadi

Nama Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama


Novel yang berjudul Negeri 5 Menara by Ahmad Fuadi sering sekali dipinjam oleh murid-murid SMP 2 Brangsong waktu itu. Akan tetapi saat itu saya tidak pernah meminjam novel yang berjudul Negeri 5 Menara by Ahmad Fuadi.

Saya lebih memilih meminjam buku-buku tutorial tentang kerajinan tangan di saat teman-teman saya memilih membaca dan meminjam novel yang berjudul Negeri 5 Menara by Ahmad Fuadi. Lalu, seperti apa jalan cerita dari novel yang berjudul Negeri 5 Menara by Ahmad Fuadi?

Novel yang berjudul Negeri 5 Menara by Ahmad Fuadi menceritakan tentang seorang remaja lelaki yang bernama Alif. Alif lahir di pinggir danau Maninjau dan Alif tidak pernah menginjak tanah di luar Minangkabau. Masa kecil Alif yaitu berburu durian di rimba Bukit Barisan, bermain bola di sawah berlumpur, mandi berkecipak di air biru danau Maninjau.

Ibunya Alif ingin Alif menjadi Buya Hamka. Sedangkan Alif ingin menjadi Habibie. Dan akhirnya Alif melaksanakan perintah ibunya yaitu mondok di Jawa tepatnya di Pondok Madani. Untuk bisa menuju ke Pondok Madani maka Alif harus naik bus tiga hari tiga malam melintasi Sumatera dan menuju desa pelosok yang ada di Jawa Timur yang merupakan lokasi Pondok Madani. Di kelas hari pertamanya, Alif terkesima dan terpesona dengan mantera “MAN JADDA WA JADDA” “siapa yang bersungguh-sungguh pasti sukses”

Di Pondok Madani itulah Alif berteman dengan Raja dari Medan, Said dari Surabaya, Dulmajid dari Sumenep, Atang dari Bandung, dan Baso dari Gowa. Mereka sering menunggu waktu maghrib sambil menatap awan lembayung yang berarak pulang ke ufuk. Menurut mereka, awan itu adalah negara dan benua yang nantinya akan menjadi tujuan mereka dalam meraih mimpi. Mereka yakin kalau jangan remehkan impian walaupun setinggi apapun, Tuhan sungguh maha mendengar.

Novel yang berjudul Negeri 5 Menara by Ahmad Fuadi memang menarik dan cocok untuk anak SD – SMP agar tetap terus semangat belajar agar bisa meraih impian di masa depan. Pantas saja novel yang berjudul Negeri 5 Menara by Ahmad Fuadi menjadi novel favoritnya anak-anak SMP Negeri 2 Brangsong waktu itu.

Pesan baik yang saya dapat dari novel yang berjudul Negeri 5 Menara by Ahmad Fuadi yaitu harus tetap semangat menuntut ilmu walaupun harus menempuh jarak yang sangat jauh dan perjalanannya memakan waktu sampai tiga hari tiga malam.

Novel yang berjudul Negeri 5 Menara by Ahmad Fuadi diangkat ke film layar lebar. Akan tetapi sampai saat ini saya belum pernah nonton film yang berjudul Negeri 5 Menara. Saya hanya menonton trailer film yang berjudul Negeri 5 Menara di YouTube.


Itulah sedikit hal yang dapat saya sampaikan tentang novel yang berjudul Negeri 5 Menara by Ahmad Fuadi. Untuk kalian yang suka baca novel tentang belajar di pondok maka kalian bisa membaca novel yang berjudul Negeri 5 Menara by Ahmad Fuadi ini, ya!

Tidak ada komentar