[Review Buku] Kuliah Jurusan Apa? by Wuri Nugraeni

8 komentar
Wuri Nugraeni
Pic from Koleksi Pribadi


Halo, Teman Layar Baca!

Apakah kalian pernah mendapat teguran dari orang-orang di sekitar kalian tentang kalian yang salah ambil jurusan saat sekolah? Saya pernah merasakan hal tersebut karena dulunya saya bekerja di pabrik mebel padahal saya adalah lulusan rekayasa perangkat lunak.

Saya pun pernah merasakan sulitnya mencari pekerjaan dan para tetangga saya mengatakan kalau saya salah ambil jurusan. Tetangga saya mengatakan kalau saya susah mendapatkan pekerjaan karena saya lulusan rekayasa perangkat lunak sehingga saya tidak mempunyai keahlian menjahit baju padahal di daerah saya tinggal banyak sekali pabrik yang membuka lowongan pekerjaan menjahit.

Menyesali yang sudah berlalu memang membuat saya sedih. Akan tetapi saya tetap terus berusaha agar saya tidak mendapatkan teguran dari tetangga dan orang-orang terdekat saya jika saya salah ambil jurusan saat masih sekolah.

Sebenarnya saya tidak ada rencana sama sekali untuk kuliah saat saya masih sekolah dulu. Akan tetapi akhir-akhir ini saya ingin sekali kuliah karena saya ingin mendalami ilmu yang saya sukai. Namun, saya tidak ingin salah ambil jurusan lagi seperti saat saya masih sekolah dulu. Maka dari itu saya banyak membaca artikel seputar jurusan kuliah. Saya pun akhirnya membaca buku seputar jurusan kuliah yaitu buku yang berjudul Kuliah Jurusan Apa? karya Mbak Wuri Nugraeni.

Judul Buku : Kuliah Jurusan Apa? FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIP)

Penulis : Wuri Nugraeni

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit : Cetakan Pertama, Tahun 2015

Jumlah Halaman : 122 Halaman

ISBN : 978-602-03-2143-1

Harga: Rp.42.900.

Rating : ****


Buku kuliah jurusan apa ini membahasa seputar beberapa jurusan kuliah di fakultas ilmu sosial dan ilmu politik. Di awal buku ini akan mengarahkan pembaca terutama bagi lulusan sekolah menengah atas yang ingin berkuliah. Inti dari arahan tersebut adalah pilihlah jurusan kuliah yang kalian sukai dan sesuai bakat dan minat kalian. Jangan mengambil jurusan kuliah karena jurusan tersebut sedang menjadi trending topic karena nantinya akan berdampak buruk bagi diri kalian sendiri!

Jurusan kuliah yang dibahas di buku ini yaitu jurusan ilmu komunikasi, jurusan ilmu politik, sosiologi, ilmu administrasi, kesejahteraan sosial, hubungan internasional, antropologi, dan kriminologi.

Di setiap bab yang membahas jurusan kuliah tersebut maka Mbak Wuri menuliskan pengertian dan seperti apa jurusan kuliah tersebut, mata kuliah apa saja yang dipelajari, aktivitas penunjang di luar bangku kuliah, kampus-kampus di Indonesia dengan jurusan kuliah tersebut, peluang kerja bagi jurusan kuliah tersebut hingga pengalaman tak terduga berkuliah di jurusan tersebut.

Di bagian awal, Mbak Wuri menjelaskan seputar jurusan ilmu komunikasi. Mbak Wuri pun juga menjelaskan seputar kuliah di jurusan ilmu komunikasi itu tidak langsung praktik di lapangan untuk menjadi seorang jurnalis ataupun seorang reporter. Di semestar awal maka mahasiswa jurusan ilmu komunikasi dibekali dulu dengan materi ilmu komunikasi dan baru di semester menjelang akhir maka akan sering praktik di dunia kerja.

Jurusan ilmu komunikasi juga cocok sekali untuk yang ingin menjadi reporter, copywriter, jurnalis, hingga public relations. Jurusan ilmu komunikasi cocok sekali untuk yang ingin mendalami ilmu periklanan.

Buku ini cocok sekali bagi kalian yang ingin kuliah dan masih bingung memilih jurusan kuliah. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang saya suka dari buku yang berjudul Kuliah Jurusan Apa? karya Mbak Wuri yaitu,

1. Gaya Bahasa Mudah Dipahami

Pernahkah kalian merasa bosan dan jenuh saat membaca buku karena buku tersebut ditulis dengan gaya bahasa yang kurang dimengerti dan dipahami? Rasanya jadi malas baca buku itu karena gaya bahasa yang sulit dimengerti. Untungnya buku karya Mbak Wuri ini gaya bahasanya mudah dimengerti dan dipahami pembaca termasuk saya.

2. Sampul Buku yang Menarik

Menurut pendapat saya, sampul atau cover dari buku ini sederhana dan menarik. Cover novel ini pun sesuai dengan isi dari buku ini. Saya suka cover buku ini karena cover buku ini berwarna biru dan warna biru merupakan warna favorit saya.

3. Bisa Dibaca Secara Gratis di Aplikasi Perpustakaan Digital iPusnas

Untuk kalian yang suka gratisan (pecinta gratisan garis keras) sama seperti saya maka kalian bisa membaca buku karya Mbak Wuri ini secara gratis melalui aplikasi perpustakaan digital iPusnas.

4. Jumlah Halaman Buku yang Tidak Terlalu Tebal

Saya pernah merasa jenuh dan bosan ketika membaca novel sampai dengan 600 halaman. Dan di lain waktu saya merasa tidak ingin lagi membaca novel dengan jumlah halaman sebanyak 600 halaman.

Maka dari itu akhir-akhir ini saya mengurangi baca novel fiksi dan lebih memilih membaca buku non fiksi. Untuk buku Kuliah Jurusan Apa? ini hanya memiliki sekitar 122 Halaman. Jadi saya pun bisa membaca buku dalam waktu yang singkat karena buku ini tidak terlalu tebal.

5. Buku ini Cocok Dibaca untuk yang Ingin Kuliah

Buku Kuliah Jurusan Apa? ini cocok sekali dibaca para siswa dan siswi lulusan sekolah menengah atas yang ingin berkuliah. Agar kalian yang ingin kuliah tidak salah pilih jurusan kuliah nantinya maka lebih baik baca buku Kuliah Jurusan Apa? karya Mbak Wuri ini!

8 komentar

  1. Menarik juga nih, sebagai pandangan buat yang mau kuliah di sebuah jurusan yang mereka idamkan ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, Mbak Rey. Cocok banget lah untuk dibaca yang ingin kuliah agar tidak salah pilih jurusan kuliah.

      Hapus
    2. Nah bener, banyak banget yang asal milih jurusan, giliran udah kuliah 1-2 tahun lalu keluar, padahal itu biaya nggak main-main hahahaha

      Hapus
    3. Iya, nih. Aku sering mendengar kabar tersebut. Ada baiknya baca buku ini dulu ya biar nggak salah pilih jurusan.

      Hapus
  2. terima kasih banyak ya Farida, semoga bukunya bisa bermanfaat buat siapa saja, soalnya dulu pernah mengalami galau pilih jurusan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Wuri. Sama-sama, Mbak. Semoga buku ini bisa mengarahkan siapa saja agar tidak salah pilih jurusan kuliah.

      Hapus
  3. Juga sebaiknya buku ini dibaca anak SMP agar bisa mempersiapkan diri secara dini. Orang tua juga harus baca bukunya karena berkaitan dengan membimbing anak agar bisa menentukan arah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, betul. Tapi lebih cocok dibaca anak SMA dan SMK yang ingin segera menempuh pendidikan kuliah.

      Hapus